Home / Potensi & Produk / Pasar Tradisional Desa Sidomukti

Pasar Tradisional Desa Sidomukti

Menurut Wikipedia, Pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaannya bersifat tradisional tempat bertemunya penjual pembeli, terjadinya kesepakatan harga dan terjadinya transaksi setelah melalui proses tawar-menawar harga. Biasanya pasar tradisional berlokasi di tempat yang terbuka dan pada umumnya banyak menyediakan berbagai macam bahan pokok keperluan rumah tangga. Begitu juga dengan pasar yang ada di Desa Sidomukti.

Pasar Sidomukti dikenal juga dengan Pasar Bratasena, terletak di Desa Sidomukti, lokasi yang sangat strategis, persimpangan empat yang secara langsung berbatasan dengan Desa Surya Indah. Pasar Bratasena ini sangat mudah dijangkau dari segala penjuru desa tetangga. Tidak sedikit penjual dan pembeli datang dari luar desa, bahkan dari Padang, Bukittinggi dan Payakumbuh (Sumatera Barat) juga ada. Bila anda berkeinginan untuk mencoba berjualan atau mencari keperluan rumah tangga di Pasar Sidomukti, silahkan datang kesini. Kami sediakan peta kasar lokasi Pasar Sidomukti dan juga kami sediakan juga link lokasi Pasar Sidomukti pada Google Map yang dapat diakses melalui Smartphone atau laptop.

Google Map Desa Sidomukti
Desa Sidomukti di Google Map ( https://www.google.co.id/maps/place/0°12’00.2″N+102°00’35.9″E/@0.1999477,102.0092421 )

 

Pasar Sidomukti menyediakan segala kebutuhan rumah tangga, seperti bahan makanan, pakaian, perhiasan, percetakan dan photocopy, dan tidak ketinggalan bahan bangunan. Photo dibawah ini memotret aktivitas penjual yang tengah mempersiapkan barang jualannya, dan samar terlihat pula pembeli yang tengah asik melihat barang yang hendak dibelinya.

Aktivitas Pasar Sidomukti
Aktivitas Penjual dan Pembeli

 

Ada kalimat seperti ini “Ingin mengetahui bagaimana kebudayaan suatu daerah? Kunjungilah pasar tradisionalnya”. Ingin mengetahui budaya Desa Sidomukti? Datangi Pasar Tradisionalnya, lihat bagaimana kearifan penduduk lokal dan non lokal berinteraksi menjalin persatuan dan persaudaraan melalui jalur perdagangan. Saya yakin anda akan terkesima dan selalu merindukan untuk kembali ke Pasar Sidomukti ini. Perhatikan photo dibawah ini, terlihat bagaimana penjual bersabar melayani pembeli dan pembeli tak kalah sabar menawar harga dagangannya.

Transaksi Jual Beli
Photo transaksi, tawar menawar dagangan, Penjual dan pembeli, Pasar tradisional Desa Sidomukti.

 

Pewarta Desa | Warta Warga :

Ramlis HS

 

About adminbelajar

Check Also

FB_IMG_1514680562461

TIM PKK SIDO MUKTI DAN RAJA TERJUN

Desa Sido Mukti. 31/12/2017. TIm Penggerak PKK Desa Sido Mukti Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *